Kenapa Banyak yang Gagal di Bisnis MLM

January 23, 2013
By

Kata siapa bisnis MLM itu bisnis gampang, bisnis yang hanya cocok untuk ibu-ibu rumah tangga, bisnisnya orang nggak ada kerjaan. Pertanyaannya malah harus dibalik : Kenapa kok banyak orang gagal di Bisnis MLM? Jawabannya : karena bisnis MLM itu sulit!

Itulah yang menjadi alasan kenapa bisnis MLM sangat kental dengan aroma “motivasi”. Karena “motivasi” inilah roda dari bisnis tersebut. Seseorang yang gagal dan banyak menemui kesulitan di bisnis MLM butuh suntikan motivasi terus menerus, agar dia bisa mencapai kesuksesan. Tidak ada yang salah dalam hal ini. Setiap orang memang harus berjuang mencapai cita-citanya. Yang jadi masalah adalah : kenapa kok bisnis MLM sulit – sehingga banyak yang gagal?

Karena MLM konvensional memang kerap memiliki sistem yang serba “tidak bersahabat” dengan para pelakunya. Sistem matahari, sistem bonus putus, dan banyak lagi syarat-syarat yang memberatkan, membuat hanya sedikit orang yang bisa mencapai bebas finansial dari bisnis MLM.

Musuh MLM adalah money game, yang banyak juga berupa binnary plan. Disini benar-benar mengekspoitasi bonus, sehingga bonus yang didapat oleh para pelaku bisnisnya bisa gila-gilan. Tapi karena sistemnya memang bukan pemasaran produk, maka bisnis money game cepat tutupnya. Makanya orang-orang yang join terakhir sering nggak kebagian apa-apa. Dan kemudian mereka mencap : MLM (padahal maksudnya money game) adalah penipu.

Yang menarik sebenarnya adalah MLM modern, dimana biasnaya memiliki marketing plan yang mudah dijalankan, tapi tetap mengandalkan aliran produk. Maksudnya, walau sistemnya seperti money game, tapi tetap berbasis pemasaran produk. Tidak bisa disangkal lagi, bahwa adanya “produk” real di sebuah MLM, membuktikan bahwa bisnis itu benar-benar bisnis “marketing”

Artikel Terkait :
Peluang Usaha Bisnis 2013

 

One Response to Kenapa Banyak yang Gagal di Bisnis MLM

  1. February 3, 2013 at 3:10 pm

    Bisnis MLM memang menggiurkan bila berbicara penghasilan tetapi sulit untuk menghasilkan karena keberhasilan bisnis jaringan adalah terletak pada downline. jadi seandainya downline pintar dalam pemasaran produk kita akan berhasil namun kebanyakan yang menjadi downline adalah orang orang yang terbawa bawa tanpa mengetahui cara memasarkan produk hasilnya bisnis kitapun berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *